Pages

Selasa, 01 Mei 2012

Intip Monumen Simpang Lima Gumul Kediri (SLG)

Hai Saudara-saudara, udah pada taukah mengenai wisata kota Kediri yang satu ini....
Nah ini dia Monumen Simpang Lima Gumul atau biasa disebut SLG (orang Kediri).


Monumen ini merupakan salah satu ikon baru dari kota Kediri lho...
Monumen ini terletak di persimpangan yang memiliki 5 arah jalan yaitu arah Selatan - Wates/Pesantren, Timur - Gurah,  Utara - Pagu,  arah Timur Laut - Pare, dan arah ke Barat - Kota Kediri. Tujuan awal dibangun Simpang Lima Gumul (SLG) adalah sebagai sentra ekonomi baru di Kabupaten Kediri. Sehingga diharapkan roda perekonomian Kediri makin maju dan dapat meningkatkan aset pendapatan kota Kediri.
Monumen ini mirip banget lho dengan monumen L’Arch de Triomphe Paris, soooo seakan-akan kita pergi ke Paris Saudara :D..
Orang Kediri menyebutnya Ka'bah Kediri Karena kalau lewat SLG harus muteri monumen dan tidak boleh berhenti ditepi klo nekad suara peluit sii petugas terdengar deeehhh. Tak heran jika muter SLG sering muter-muter terus karena kebablasan jalur belokannya. Selain itu, kalau mau masuk ke monumennya lewati lorong bawah tanah dulu lho Saudara, seruuuu banget terasa dimana gitu....
Pembangunan monumen ini diawali sejak tahun 2003. Penggagasnya adalah Bupati Kediri saat ini, Sutrisno. Monumen ini tepatnya berada di Desa Tugu Rejo, Kecamatan Ngasem. Ada yang bilang monumen ini terinspirasi dari “Jongko Jojoboyo” Raja Kediri abad XII yang ingin menyatukan lima wilayah di Kediri.
Cuci mata di SLG, seerruuu
 
Tangga lorong bawah tanah


Eeeiiitttttss..........Penasaran dengan monumen yang megah ini ?????
Monggo mampir dateng Kota Kediri panjenengan deleng Monumen "Simpang Lima Gumul".

0 komentar:

Posting Komentar

Free Blog Me Cursors at www.totallyfreecursors.com